Wali Kota Rahma Raih Penghargaan Kepala Daerah Perempuan Inspiratif 2022 Pilihan TEMPO Media GroupBERITA LAINNYA
Wali Kota Rahma Raih Penghargaan Kepala Daerah Perempuan Inspiratif 2022 Pilihan TEMPO Media Group

Kota Tanjungpinang - Wali Kota Tanjung Pinang Rahma mendapat penghargaan sebagai Kepala Daerah Perempuan Inspiratif 2022 untuk kategori Sistem Seleksi CPNS pilihan TEMPO Media Group. 

Penghargaan tersebut diterima Wali Kota Rahma yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemko Tanjungpinang, Tengku Dahlan, dalam acara bertajuk “Apresiasi Kepala Daerah Perempuan Inspiratif 2022", yang digelar di hotel Westin Jakarta, Kamis (22/9) kemarin.

Selain sebagai bentuk apresiasi, pemberian penghargaan ini juga untuk memperingati HUT ke-77 RI. Para penerima penghargaan ini dipilih dari sekitar 50 perempuan kepala daerah yang sedang menjabat. 

Dalam proses seleksi, Tempo melibatkan sejumlah lembaga di antaranya Kementerian Dalam Negeri, Kemenpan RB, Bappenas, Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD), serta Center for Indonesia's Strategic Development Initiatives (CISDI).

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian yang hadir dalam acara itu berharap penghargaan ini bisa menjadi inspirasi bagi kepala daerah lain. "Bukan hanya yang perempuan, tapi juga kepala daerah laki-laki," ujar Tito. 

Sementara, Direktur Utama TEMPO Media Group Arif Zulkifli mengatakan, kepala-kepala daerah perempuan ini adalah orang yang berani berpikir beda, berinovasi, memberi contoh, mewujudkan, dan mempertahankan berbagai upaya untuk mensejahterakan masyarakat. 

“Mereka adalah sosok-sosok yang tangguh dan menginspirasi,” kata Arif.

Menurutnya, mereka berhasil mengukir prestasi dengan caranya sendiri, pengorbanan yang tak sedikit, dan jalan yang berliku.

"Tak banyak perempuan yang mampu berkiprah di ranah publik dan domestik dalam waktu bersamaan," pungkasnya. 

Di tempat terpisah, Wali Kota Tanjungpinang mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan media TEMPO kepadanya. Ia bersyukur menjadi salah satu wali kota perempuan yang meraih penghargaan kepala daerah inspiratif bersama 12 kepala daerah perempuan lainnya se- Indonesia. 

"Alhamdulillah, apa yang saya lakukan selama empat tahun ini, saya selalu berupaya bekerja dengan cepat, tanggap, respon, dan peduli terhadap masyarakat. Apresiasi ini adalah hadiah dari seluruh jajaran saya yang sudah bekerja keras dan profesional," ucap Rahma, Jumat (23/9/2022).

Penghargaan ini, menurutnya, memberikan penguat bagi kami untuk bisa terus bekerja lebih baik dan oplimal dalam melaksanakan tugas pelayanan publik," ujarnya. 

Selain Wali Kota Rahma, 12 kepala daerah yang mendapatkan penghargaan dari TEMPO Media Group diantaranya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa untuk kategori Inovasi Percepatan Layanan Publik, Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie untuk kategori Inovasi Kota Toleransi, Bupati Tegal Umi Azizah untuk kategori Ekosistem Wirausaha.

Lalu, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika untuk kategori Pelayanan Warga, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari untuk kategori Inovasi Satu Data, Bupati Tulang Bawang Winarti untuk Kategori Mal Pelayanan Publik, dan Bupati Musi Rawas Ratna Machmud untuk kategori Pemberdayaan Masyarakat.

Ada pula Bupati Bengkalis Kasmarni untuk kategori Aksesibilitas Informasi, Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana untuk kategori Revitalisasi Sungai, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah untuk kategori Peningkatan Sumber Daya Manusia, Bupati Buru Selatan Safitri Malik Soulisa untuk kategori Aksesibilitas Kesehatan, dan Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani untuk kategori Literasi Bencana. (Dinas Kominfo).

Foto : Dok. Dinas Kominfo



GALLERY KEGIATAN

DOKUMENTASI GAMBAR BELUM TERSEDIA

Gallery TerbaruGALLERY LAINNYA

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)

PPID atau Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi adalah Pejabat yang bertugas dan bertanggungjawab untuk melakukan pengelolaan dan pelayanan informasi publik, meliputi proses pengumpulan, penyediaan, pengklasifikasian, penyimpanan, pendokumentasian, dan pelayanan informasi beserta Dokumentasi seluruh Organisasi Perangkat Daerah yang terdapat pada suatu Pemerintah Daerah dengan ketentuan yang berlaku.

SELENGKAPNYA

Rencana Aksi Daerah Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi (PPK) Kota Tanjungpinang

Dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi sebagaimana diamanatkan melalui Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2012 tentang Stranas PPK Jangka Panjang 2012-2025, pemerintah daerah wajib menyusun rencana Aksi Pencegahan dan pemberantasan korupsi yang diimplementasikan dan dimonitori setiap tahun. Sesuai Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Tahun 2016 dan Tahun 2017, memerintahkan kepada seluruh Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah agar melaksanakan Aksi PPK. Kemudian ditindaklanjuti oleh Menteri Dalam Negeri dengan menerbitkan Surat Edaran Nomor 356/4429/SJ tanggal 21 November 2016 tentang Pedoman Pelaksanaan Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Pemerintah Daerah Tahun 2016 dan Tahun 2017. Oleh karena itu peran Inspektorat selaku verifikator dan Bapelitbang selaku pemegang username sangat penting guna mencapai peringkat lebih baik di Triwulan berikutnya.

SELENGKAPNYA