Rahma bersama Sejumlah OPD Tandatangani Kesepakatan GermasBERITA LAINNYA
Rahma bersama Sejumlah OPD Tandatangani Kesepakatan Germas

Kota Tanjungpinang - Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau melaksanakan kegiatan Advokasi untuk mendorong Kabupaten / Kota menerapkan kebijakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Tingkat Kota Tanjungpinang. Kegiatan dilaksanakan di Grand Ballroom CK Hotel Tanjungpinang, Senin (13/9).

Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S. IP menyampaikan dalam arahannya bahwa gerakan masyarakat hidup sehat adalah suatu tindakan yang sistematis terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

"Gerakan masyarakat terdiri dari banyak kegiatan dan salah satunya secara Nasional dengan berfokus pada melakukan aktivitas fisik selama 30 menit dalam sehari, mengkonsumsi buah-buahan dan sayur serta memeriksakan kesehatan secara rutin minimal enam bulan sekali untuk mendeteksi dini penyakit". Ucap Rahma.

Lanjut, Rahma mengatakan bahwa semua kegiatan Germas dapat dimulai dari diri sendiri dan keluarga, serta dapat juga dilakukan saat ini dan tidak membutuhkan biaya yang cukup besar.

"Selagi kita ada kesadaran, kemauan dan kemampuan untuk berperilaku sehat, maka kita dapat meningkatkan kualitas hidup sehat, dan akan mampu mengubah kebiasaan-kebiasaan atau perilaku tidak sehat. Dengan dilakukannya gerakan masyarakat ini bisa juga menurunkan penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, seperti stroke penyakit jantung diabetes dan lain-lain". Ujar Rahma.

Dalam kesempatan ini Rahma selaku Kepala Daerah mendukung Gerakan Masyarakat (Germas) dengan memerintahkan setiap OPD untuk laksanakan kegiatan yang mendukung Germas ini sendiri.

"Saya minta setiap OPD agar menyediakan dan mengembangkan sarana aktifitas fisik, serta ruang terbuka hijau, jalur sepeda dan pejalan kaki yang aman dan nyaman, serta melaksanakan kegiatan menanam sayur dan buah. Yang paling utama, terapkan juga kebijakan kawasan tanpa asap rokok, khususnya diperkantoran maupun druang teruk hijau, untuk menunjang terwujudnya Gerakan Masyarakat hidup sehat”, Harap Rahma.

Diakhir sambutan, Rahma kembali mengingatkan agar dapat membangkitkan tanggung jawab dan komitmen, bahwa sehat harus berawal dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat. " Mari Budayakan hidup sehat dengan melakukan langkah kecil melalui perubahan pola hidup kearah yang lebih sehat". Tutup Rahma.

Diakhir acara, dilakukan penandatanganan kesepakatan Germas atau Komitmen bersama oleh Walikota Tanjungpinang dan Kepala OPD yang disaksikan oleh Kadis Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau, Mohd. Bisri, S. KM, M. Kes. (Prokopim)



GALLERY KEGIATAN

DOKUMENTASI GAMBAR BELUM TERSEDIA

Gallery TerbaruGALLERY LAINNYA

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)

PPID atau Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi adalah Pejabat yang bertugas dan bertanggungjawab untuk melakukan pengelolaan dan pelayanan informasi publik, meliputi proses pengumpulan, penyediaan, pengklasifikasian, penyimpanan, pendokumentasian, dan pelayanan informasi beserta Dokumentasi seluruh Organisasi Perangkat Daerah yang terdapat pada suatu Pemerintah Daerah dengan ketentuan yang berlaku.

SELENGKAPNYA

Rencana Aksi Daerah Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi (PPK) Kota Tanjungpinang

Dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi sebagaimana diamanatkan melalui Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2012 tentang Stranas PPK Jangka Panjang 2012-2025, pemerintah daerah wajib menyusun rencana Aksi Pencegahan dan pemberantasan korupsi yang diimplementasikan dan dimonitori setiap tahun. Sesuai Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Tahun 2016 dan Tahun 2017, memerintahkan kepada seluruh Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah agar melaksanakan Aksi PPK. Kemudian ditindaklanjuti oleh Menteri Dalam Negeri dengan menerbitkan Surat Edaran Nomor 356/4429/SJ tanggal 21 November 2016 tentang Pedoman Pelaksanaan Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Pemerintah Daerah Tahun 2016 dan Tahun 2017. Oleh karena itu peran Inspektorat selaku verifikator dan Bapelitbang selaku pemegang username sangat penting guna mencapai peringkat lebih baik di Triwulan berikutnya.

SELENGKAPNYA