PPDB Kota Tanjungpinang Segera Dibuka, Dimulai Jalur Prestasi 21 Juni 2021BERITA LAINNYA
PPDB Kota Tanjungpinang Segera Dibuka, Dimulai Jalur Prestasi 21 Juni 2021

Kominfo, Kota Tanjungpinang - Tahapan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SD dan SMP di Kota Tanjungpinang tahun 2021 segera dibuka mulai 21 Juni 2021 untuk jalur prestasi.

Setiap jalur memiliki jadwal pendaftraan berbeda. Terdapat empat jalur PPDB untuk jenjang SMP yang dapat dipilih calon peserta didik dengan tolok ukur seleksi yang berbeda-beda.

Keempat jalur tersebut yakni jalur prestasi akademik dan non akademik, jalur afirmasi untuk anak dari keluarga tidak mampu, jalur zonasi berdasarkan domisili siswa dan sekolah, serta jalur pindah tugas orang tua.

Sedangkan, TK dan SD membuka tiga jalur yakni jaur zonasi, afirmasi dan perpindahan orangtua.

Pendaftaran dan seleksi PPDB di kota Tanjungpinang dilakukan secara daring atau online, sehingga calon siswa dapat mendaftarkan diri dari rumah.

"Pendaftaran PPDB secara online melalui website www.tanjungpinang.siap-ppdb.com, pendaftaran" kata Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Mulia Wiwin, Senin (7/6/2021).

Wiwin menjelaskan, pendaftaran untuk jenjang SMP jalur prestasi, dimulai pada 21 s.d. 22 Juni 2021 dan diumumkan 24 Juni 2021.

Untuk jalur zonasi, afirmasi, dan perpindahan orangtua, pendaftaran dibuka mulai 28 Juni s.d. 2 Juli 2021, pengumuman 5 Juli, dan pendaftaran ulang dilakukan 6 s.d. 7 Juli 2021.

Sementara, jadwal PPDB jenjang TK dan SD yakni pendaftaran 28 Juni s.d. 2 Juli 2021, pengumuman 5 Juli, dan pendaftaran ulang 6 s.d. 7 Juli 2021.

"Petunjuk teknis terkait pendaftaran PPDB semuanya ditampilkan dalam website," ucap Wiwin.

Bagi calon peserta didik, persyaratan umum yang harus dibuktikan adalah akta kelahiran, kartu keluarga, ijazah atau surat keterangan tanda lulus, khusus jenjang SMP.

"Kuota SMP jalur prestasi sebanyak 10%, zonasi 70%, afirmasi 15%, dan perpindahan orangtua 5%. Sementara untuk SD kouta zonasi 80%, afirmasi 15%, dan perpindahan orangtua 5%," papar Wiwin. (Dinas Kominfo)



GALLERY KEGIATAN

DOKUMENTASI GAMBAR BELUM TERSEDIA

Gallery TerbaruGALLERY LAINNYA

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)

PPID atau Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi adalah Pejabat yang bertugas dan bertanggungjawab untuk melakukan pengelolaan dan pelayanan informasi publik, meliputi proses pengumpulan, penyediaan, pengklasifikasian, penyimpanan, pendokumentasian, dan pelayanan informasi beserta Dokumentasi seluruh Organisasi Perangkat Daerah yang terdapat pada suatu Pemerintah Daerah dengan ketentuan yang berlaku.

SELENGKAPNYA

Rencana Aksi Daerah Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi (PPK) Kota Tanjungpinang

Dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi sebagaimana diamanatkan melalui Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2012 tentang Stranas PPK Jangka Panjang 2012-2025, pemerintah daerah wajib menyusun rencana Aksi Pencegahan dan pemberantasan korupsi yang diimplementasikan dan dimonitori setiap tahun. Sesuai Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Tahun 2016 dan Tahun 2017, memerintahkan kepada seluruh Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah agar melaksanakan Aksi PPK. Kemudian ditindaklanjuti oleh Menteri Dalam Negeri dengan menerbitkan Surat Edaran Nomor 356/4429/SJ tanggal 21 November 2016 tentang Pedoman Pelaksanaan Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Pemerintah Daerah Tahun 2016 dan Tahun 2017. Oleh karena itu peran Inspektorat selaku verifikator dan Bapelitbang selaku pemegang username sangat penting guna mencapai peringkat lebih baik di Triwulan berikutnya.

SELENGKAPNYA