Perpustakaan Cermin Pintar Terbaik di Provinsi KepriBERITA LAINNYA
Perpustakaan Cermin Pintar Terbaik di Provinsi Kepri

Kominfo, Kota Tanjungpinang - Perpustakaan Cermin Pintar Kelurahan Bukit Cermin, Kecamatan Tanjungpinang Barat, Kota Tanjungpinang meraih juara satu di ajang lomba Perpustakaan Umum Terbaik (desa/kelurahan) tingkat provinsi Kepulauan Riau (Kepri) 2021.

Pemenang lomba diumumkan melalui surat bernomor B/041.6/169/DPK/2021, tentang pengumuman pemenang lomba Perpustakaan Umum Terbaik (desa/kelurahan), yang ditandatangani Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kepri, Herry Andrianto, tanggal 7 Juni 2021.

Lurah Bukit Cermin Ria Seksi Murni mengucap syukur karena perpustakaan Cermin Pintar mendapat juara terbaik di tingkat provinsi.

Tentu, prestasi ini tidak lepas dari dukungan wali kota, kepala dinas perpustakaan dan kearsipan, kepala DLH, camat, jajaran kelurahan, mitra kerja, RT, RW, LPM, PKK, pokdarwis, karang taruna, bhabinkamtibmas, babinsa, serta semua pihak yang terlibat.

"Alhamdulillah dan terima kasih atas suportnya. Dengan kerja sama ini dapat menjadi motivas ke depan untuk lebih baik baik lagi," ucap Ria, Rabu (9/6/2021).

Ria mengatakan, perpustakaan cermin pintar telah dinilai mulai dari tingkat kecamatan pada Februari, dilanjutkan penilaian di tingkat kota pada Maret, dan tingkat provinsi pada April lalu.

"Kriteria penilaian dilihat mulai dari gedung, perlengkapan, ruang kerja, jumlaj buku bacaan, jumlah judul, dan petugas yang sifatnya relawan tidak bergaji hanya dari SK lurah," katanya.

Manfaat perpustakaan cermin pintar ini, kata Ria, bagi warga diaplikasikan sebagai menambah ekonomi masyarakat melalui leterasi seperti, pembuatan jamu, daur ulang barang bekas.

Ia mencontohkan, barang bekas koran yang di buat guji tempat sampah yang memiliki nilai jual, minuman sehat bunga telang, kue kering rengginang, dan lainnya.

"Kesemuanya ini mereka dapati setelah membaca di perpustakaan makanya dinamakan perpustakaan Cermin Pintar," sebutnya.

Selain memiliki ruang baca, perpustaaan cermin pintar dilengkapi ruang bermain anak-anak, ruang kesehatan.

Perpustakaan Cermin Pintar juga dimanfaatkan sebagai ruang pertemuan RT, RW, PKK, karang taruna, LPM, dan lembaga kemasyarakatan kelurahan lainnya.

"Ini salah satu upaya untuk menarik minat mereka membaca buku sebelum acara formil maupun non formil di mulai," tutupnya.

Dalam ajang ini, yang menjadi juara kedua adalah perpustakaan desa toapaya utara kabupaten Bintan, juara ketiga perpustakaan desa sembulang kota Batam, harapan satu desa sungai buluh kabupaten Lingga, dan harapan dua desa subi kabupaten Natuna. (Dinas Kominfo)



GALLERY KEGIATAN

DOKUMENTASI GAMBAR BELUM TERSEDIA

Gallery TerbaruGALLERY LAINNYA

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)

PPID atau Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi adalah Pejabat yang bertugas dan bertanggungjawab untuk melakukan pengelolaan dan pelayanan informasi publik, meliputi proses pengumpulan, penyediaan, pengklasifikasian, penyimpanan, pendokumentasian, dan pelayanan informasi beserta Dokumentasi seluruh Organisasi Perangkat Daerah yang terdapat pada suatu Pemerintah Daerah dengan ketentuan yang berlaku.

SELENGKAPNYA

Rencana Aksi Daerah Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi (PPK) Kota Tanjungpinang

Dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi sebagaimana diamanatkan melalui Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2012 tentang Stranas PPK Jangka Panjang 2012-2025, pemerintah daerah wajib menyusun rencana Aksi Pencegahan dan pemberantasan korupsi yang diimplementasikan dan dimonitori setiap tahun. Sesuai Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Tahun 2016 dan Tahun 2017, memerintahkan kepada seluruh Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah agar melaksanakan Aksi PPK. Kemudian ditindaklanjuti oleh Menteri Dalam Negeri dengan menerbitkan Surat Edaran Nomor 356/4429/SJ tanggal 21 November 2016 tentang Pedoman Pelaksanaan Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Pemerintah Daerah Tahun 2016 dan Tahun 2017. Oleh karena itu peran Inspektorat selaku verifikator dan Bapelitbang selaku pemegang username sangat penting guna mencapai peringkat lebih baik di Triwulan berikutnya.

SELENGKAPNYA