Pemko Tanjungpinang Siap Sukseskan Pemilu Serentak 2024BERITA LAINNYA
Pemko Tanjungpinang Siap Sukseskan Pemilu Serentak 2024

Kota Tanjungpinang - Wali Kota Tanjungpinang, Rahma menerima kunjungan Ketua dan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang, di kantor wali kota Tanjungpinang, Kepri, Selasa (21/6/2022).

Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Aswin Nasution yang datang bersama anggotanya didampingi Sekretaris KPUD Kota Tanjungpinang, Abdul Basyid. 

Kedatangan mereka ke pemerintah kota Tanjungpinang dalam rangka sosialisasi tahapan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan dilaksanakan 14 Februari 2024 mendatang.

Wali Kota Tanjugpinang, Rahma menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan ketua dan angggota KPU ke pemko Tanjungpinang. Dalam setiap tahapannya nanti, tentunya pemko siap mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan pemilu dan pilkada serentak 2024. 

"Kita siap menyukseskan pesta demokrasi 2024 mendatang agar berjalan dengan lancar, damai, dan aman," ucap Rahma. 

Sementara itu, Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Aswin Nasution menjelaskan tahapan pemiliu serentak 2024 sudah dimulai 14 Juni 2022 kemarin. Di tahun ini, ada tiga tahapan besar yang akan dilaksanakan KPU.

Pertama pendaftaran dan pemuktahiran, serta verifikasi partai politik (parpol) sebagai peserta pemilu yang dimulai 29 Juli dan berakhir 13 Desember 2022. Pada 14 Desember 2022, KPU RI akan menetapkan parpol sebagai peseta pemilu. 

Tahapan kedua, pada Oktober 2022 akan dilaksanakan penetapan jumlah kursi dan pendataan Daerah Pemilihan (dapil) kota Tanjungpinang. 

"Tahapan ketiga itu, pembentukan badan Ad Hoc yakni Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dimulai Oktober  dan akan selesai di Januari, di lantik," terangnya. 

Ia berharap kepada semua pihak dapat menyukseskan penyelenggaraan pemilu dan pilkada serentak 2024 mendatang 

"Harapan kita, semua pihak bisa mendukung proses pelaksanaan pemilu sehingga terlaksana dengan baik dan lancar. Tidak ada lagi hal-hal yang terjadi seperti 2019 lalu," ucapnya.

Hadir juga mendampingi wali kota, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Tanjungpinang, Samsudi dan Wakil Ketua II DPRD Kota Tanjungpinang, Hendra Jaya. (Dinas Kominfo).

Foto : Dok. Prokopim



GALLERY KEGIATAN

DOKUMENTASI GAMBAR BELUM TERSEDIA

Gallery TerbaruGALLERY LAINNYA

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)

PPID atau Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi adalah Pejabat yang bertugas dan bertanggungjawab untuk melakukan pengelolaan dan pelayanan informasi publik, meliputi proses pengumpulan, penyediaan, pengklasifikasian, penyimpanan, pendokumentasian, dan pelayanan informasi beserta Dokumentasi seluruh Organisasi Perangkat Daerah yang terdapat pada suatu Pemerintah Daerah dengan ketentuan yang berlaku.

SELENGKAPNYA

Rencana Aksi Daerah Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi (PPK) Kota Tanjungpinang

Dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi sebagaimana diamanatkan melalui Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2012 tentang Stranas PPK Jangka Panjang 2012-2025, pemerintah daerah wajib menyusun rencana Aksi Pencegahan dan pemberantasan korupsi yang diimplementasikan dan dimonitori setiap tahun. Sesuai Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Tahun 2016 dan Tahun 2017, memerintahkan kepada seluruh Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah agar melaksanakan Aksi PPK. Kemudian ditindaklanjuti oleh Menteri Dalam Negeri dengan menerbitkan Surat Edaran Nomor 356/4429/SJ tanggal 21 November 2016 tentang Pedoman Pelaksanaan Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Pemerintah Daerah Tahun 2016 dan Tahun 2017. Oleh karena itu peran Inspektorat selaku verifikator dan Bapelitbang selaku pemegang username sangat penting guna mencapai peringkat lebih baik di Triwulan berikutnya.

SELENGKAPNYA