Menkes Canangkan BIAN 2022 di Tanjungpinang, Wako Rahma Ajak Masyarakat Lengkapi Imunisasi AnakBERITA LAINNYA
Menkes Canangkan BIAN 2022 di Tanjungpinang, Wako Rahma Ajak Masyarakat Lengkapi Imunisasi Anak

Kota Tanjungpinang - Wali Kota Tanjungpinang, Rahma menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Menteri Kesehatan yang telah mempercayai kota Tanjungpinang sebagai tuan rumah pada Pencanangan Tingkat Nasional Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahun 2022.

"Saya ucapkan terima kasih kepada bapak Presiden dan Menteri Kesehatan yang memilih kota Tanjungpinang sebagai tempat pencanangan BIAN tahun 2022," ucapnya. 

Tentu, lanjut Rahma, semua ini tidak terlepas dari kerja keras seluruh jajaran pemerintah, tenaga kesehatan, puskesmas, masyarakat, kader PKK, dan posyandu. 

"Sehingga Tanjungpinang menjadi kota terbaik di Indonesia untuk pelaksanaan imunisasi lengkap bagi anak pada triwulan pertama," ucap Rahma, saat mengikuti pencanangan bulan imunisasi anak nasional (BIAN) tahun 2022.

Pencanangan imunisasi bertaraf nasional ini, resmi dilakukan Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia (RI), Budi Gunadi Sadikin, di gedung daerah, tepi laut, kota Tanjungpinang, Kepri, Rabu (18/5/2022).

Peresmian ditandai dengan pemukulan kompang oleh Menteri Kesehatan, Guberner Provinsi Kepri, Ansar Ahmad, Direktur Jenderal P2P, unsur FKPD provinsi Kepri, serta sejumlah unsur pejabat lainnya. 

Menurut Wali Kota Rahma, Pemberian imunisasi lengkap bagi setiap anak sangat penting, selain bertujuan memberikan perlindungan yang maksimal dan mencerdaskan anak, juga mensejahterakan masyarakat.

Manfaatnya, tentu untuk jangka panjang, kalau dari awal pastinya lebih baik daripada kita sudah mendapat penyakitnya baru tindakan.

"Kepada ibu-ibu yang mempunyai bayi atau anak-anak yang masih belum lengkap imunisasinya, silakan datang. Bawa buah hatinya untuk mendapatkan imunisasi rutin," imbau wali kota. 

Saat memberikan sambutan, Gubernur Ansar Ahmad mengakui dengan dicanangkan BIAN di Kepri ini, tentu memacu semangat kami semua untuk terus bekerja keras, karena bicara soal imunisasi anak-anak kita ini, kita bicara warna dan masa depan bangsa. Kalau hari ini kesehatannya baik, InsyaAllah sumber daya manusia kita sukses dan baik. 

"Maka, hari ini semua kabupaten dan kota Di Kepri secara serentak melaksanakan imunisasi. Target sasaran yang akan diimunisasi hari ini sebanyak 24.461 anak yang tersebar di tujuh kabupaten dan kota," sebut Gubernur. 

Di kesempatan ini juga, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menegaskan bahwa imunisasi itu penting untuk melindungi anak-anak kita. Karena ketika mereka dewasa nanti akan jauh lebih sehat, jauh lebih pintar, dan bisa bekerja jauh lebih baik. 

"Imunisasi ini jauh lebih murah untuk mencegah penyakit. Sebab, ketika kita dewasa nanti, kemudian terinveksi penyakit, maka biaya penyembuhannya bisa sampai jutaan. Jadi, jauh lebih murah kita melakukan imunisasi atau vaksin ketika kita sehat," ujarnya. 

Maka itu, peranan bapak ibu di puskesmas dan ibu-ibu PKK sangat penting untuk memastikan program imunisasi ini berjalan dengan optimal," tambah Budi. 

Menkes juga mengapresiasi pemerintah daerah, TNI, Polri, dokter, tenaga medis, dan masyarakat yang telah bekerja sama dalam mengatasi pandemi covid-19.

"Kami ucapkan terima kasih atas kerja sama yang luar biasa ini. Sehingga masyarakat bisa kembali hidup normal, kembali bekerja, dan berkumpul dengan keluarganya. Mudah-mudahan, InsyaAllah ke depannya tetap terkendali," ujarnya. 

Selain mencanangkan BIAN, Menkes juga meresmikan penggunaan Aplikasi Sehat Indonesiaku (ASIK) untuk tenaga kesehatan di posyandu, posbindu, dan layanan kesehatan terdepan lainnya. (Dinas Kominfo).

Foto : Dok. Dinas Kominfo



GALLERY KEGIATAN

DOKUMENTASI GAMBAR BELUM TERSEDIA

Gallery TerbaruGALLERY LAINNYA

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)

PPID atau Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi adalah Pejabat yang bertugas dan bertanggungjawab untuk melakukan pengelolaan dan pelayanan informasi publik, meliputi proses pengumpulan, penyediaan, pengklasifikasian, penyimpanan, pendokumentasian, dan pelayanan informasi beserta Dokumentasi seluruh Organisasi Perangkat Daerah yang terdapat pada suatu Pemerintah Daerah dengan ketentuan yang berlaku.

SELENGKAPNYA

Rencana Aksi Daerah Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi (PPK) Kota Tanjungpinang

Dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi sebagaimana diamanatkan melalui Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2012 tentang Stranas PPK Jangka Panjang 2012-2025, pemerintah daerah wajib menyusun rencana Aksi Pencegahan dan pemberantasan korupsi yang diimplementasikan dan dimonitori setiap tahun. Sesuai Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Tahun 2016 dan Tahun 2017, memerintahkan kepada seluruh Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah agar melaksanakan Aksi PPK. Kemudian ditindaklanjuti oleh Menteri Dalam Negeri dengan menerbitkan Surat Edaran Nomor 356/4429/SJ tanggal 21 November 2016 tentang Pedoman Pelaksanaan Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Pemerintah Daerah Tahun 2016 dan Tahun 2017. Oleh karena itu peran Inspektorat selaku verifikator dan Bapelitbang selaku pemegang username sangat penting guna mencapai peringkat lebih baik di Triwulan berikutnya.

SELENGKAPNYA