Kampung Iklim Kelurahan Bukit Cermin Terbaik Se- SumateraBERITA LAINNYA
Kampung Iklim Kelurahan Bukit Cermin Terbaik Se- Sumatera

Dinas Kominfo, Kota Tanjungpinang - Wali Kota Tanjungpinang, Rahma meresmikan Kampung Inspiratif, Kampung Iklim dan Wisata Edukasi Tematik Lingkungan di RW. 6, Jalan Borobudur, Kelurahan Bukit Cermin, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Rabu(23/9/2020).

Kampung Inspiratif ini adalah salah satu program dalam mendukung Tanjungpinang smart city. 

Wali Kota Rahma, mengaku bangga bahwa di Tanjungpinang terdapat kampung inspiratif kampung iklim yang telah berhasil melaksanakan upaya adaptasi, mitigasi, dan kelembagaan pengendalian perubahan iklim.

"Saya bangga, warga RW. 6 punya pencapaian inovasi dan prestasi yang luar biasa. Kampung dapat memberikan edukasi lingkungan menjadi sebuah karya wisata edukasi tematik, serta bisa mengendalikan perubahan iklim seperti car free day, tukar sampah di bank sampah dapat anggrek, dan rumah kompos," pungkas Rahma.

Rahma mengatakan pencapaian ini bisa berhasil, tentu berkat dukungan dan sinergitas antara camat, lurah, pokdarwis, dan warga sekitar. Inovasi-inovasi seperti ini diharapkan bisa terus berkelanjutan dan dapat menjadi inspirasi bagi kelurahan dan warga lainnya di kota Tanjungpinang.

"Ini patut kita syukuri tanpa dukungan dan kerja sama semua pihak. Ini juga bukti nyata atas kerja keras yang telah dilakukan selama ini. Kampung Iklim RW. 6 Kelurahan Bukit Cermin ini terverifikasi tingkat nasional dan menjadi terbaik se- Sumatera," ucap Rahma.

Rahma juga mengajak seluruh masyarakat untuk menyukseskan program bank sampah di kota Tanjungpinang. Karena, sampah bukan lagi sesuatu yang menimbulkan suatu keadaan yang tidak baik, tapi sampah bisa kita olah menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Kedepan, kata Rahma, perda sampah akan segera dirampungkan. Namun, sejalan degan itu, tentu masyarakat harus terus meningkatkan kesadaran terhadap penganganan sampah. Perda sampah itu nantinya memang ada sanksi-sanksi.

Kendati begitu, sanksi itu tidak menjadi ukuran untuk ditegakkan hanya karena ketakutan, tapi hadirnya perda sampah itu dapat mendorong kesadaran masyarakat untuk mengelola sampah. Tidak hanya masyarakat, seluruh jajaran pemko termasuk saya, yang juga bagian dari masyarakat wajib punya buku bank sampah.

"Kalau kita punya kesadaran bersama, saya yakin penanganan sampah bukan lagi menjadi persoalan, tetapi punya nilai-nikai manfaat, bahkan menjaga kesehatan dan kebersihan. Tentunya, Tanjungpinang semakin cantik dan asri," tutup Rahma.

Lurah Bukit Cermin, Nidia Widiastuti Selayar, menjelaskan kegiatan ini merupakan kegiatan yang memberikan inspirasi, edukasi, motivasi dalam upaya adaptasi, mitigasi dan kelembagaan pengendalian iklim.

"Berbagi inovasi dan kerjasama kemitraan telah dibangun dengan berbagai pihak tentunya dengan semangat kegotongroyongan maupun memberdayakan sumber daya manusia yang ada," ujar Nidia.

Menurut Nindia, kampung Inspiratif, kampung iklim ini telah berhasil melaksanakan upaya adaptasi, mitigasi dan kelembagaan perubahan iklim yang dibuktikan melalui Sistem Registrasi Nasional (SRN) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tahun 2019 dan 2020 yang dilaksanakan pada 17 September lalu.

Tim Verifikator Nasional Proklim menilai bahwa RW. 6 atau Proklim Anggrek merupakan proklim perkotaan terbaik se-Sumatera."Sebagai wisata edukasi. Saat ini, kami sedang mengembangkan tanaman anggrek sebagai filosofi RW. 6 yang dikenal dengan Kampung anggrek. Kami mengangkat pesona anggrek menjadi brand kelurahan Bukit Cermin," ungkapnya. (MC Dinas Kominfo)



GALLERY KEGIATAN

DOKUMENTASI GAMBAR BELUM TERSEDIA

Gallery TerbaruGALLERY LAINNYA

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)

PPID atau Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi adalah Pejabat yang bertugas dan bertanggungjawab untuk melakukan pengelolaan dan pelayanan informasi publik, meliputi proses pengumpulan, penyediaan, pengklasifikasian, penyimpanan, pendokumentasian, dan pelayanan informasi beserta Dokumentasi seluruh Organisasi Perangkat Daerah yang terdapat pada suatu Pemerintah Daerah dengan ketentuan yang berlaku.

SELENGKAPNYA

Rencana Aksi Daerah Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi (PPK) Kota Tanjungpinang

Dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi sebagaimana diamanatkan melalui Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2012 tentang Stranas PPK Jangka Panjang 2012-2025, pemerintah daerah wajib menyusun rencana Aksi Pencegahan dan pemberantasan korupsi yang diimplementasikan dan dimonitori setiap tahun. Sesuai Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Tahun 2016 dan Tahun 2017, memerintahkan kepada seluruh Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah agar melaksanakan Aksi PPK. Kemudian ditindaklanjuti oleh Menteri Dalam Negeri dengan menerbitkan Surat Edaran Nomor 356/4429/SJ tanggal 21 November 2016 tentang Pedoman Pelaksanaan Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Pemerintah Daerah Tahun 2016 dan Tahun 2017. Oleh karena itu peran Inspektorat selaku verifikator dan Bapelitbang selaku pemegang username sangat penting guna mencapai peringkat lebih baik di Triwulan berikutnya.

SELENGKAPNYA