Hari Santri Nasional, Rahma: Wujudkan Santri Siaga Jiwa RagaBERITA LAINNYA
Hari Santri Nasional, Rahma: Wujudkan Santri Siaga Jiwa Raga

Kota Tanjungpinang - Wujudkan sikap santri agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela tanah air. Hal tersebut disampaikan Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP saat memimpin upacara peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021 yang dilaksanakan Pondok Pesantren Modern Al-Kautsar, Kampung Sidomulyo, Jumat (22/10) pagi.

Rahma menambahkan, santri siaga jiwa raga diperlukan untuk mempertahankan persatuan Indonesia dan mewujudkan perdamaian dunia. Juga relevan di era pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, dimana kaum santri tidak boleh lengah dalam menjaga protokol kesehatan.

“Kita patut apresiasi pengalaman beberapa pesantren, yang berhasil melakukan beberapa upaya pencegahan, pengendalian dan penanganan atas dampak Pandemi Covid-19. Hal ini menjadi bukti nyata bahwa pesantren juga memiliki kemampuan untuk menghadapi pandemi Covid-19 di tengah berbagai keterbatasan fasilitas yang dimilikinya”, tuturnya.

Lebih lanjut disampaikanya, patut disyukuri karna dua tahun lalu santri mendapatkan kado istimewa berupa pengesahan Undang-undang No.18 Tahun 2019 tentang pesantren. Dan di Tahun 2021 pesantren kembali mendapatkan keistimewaan dari Presiden RI Joko Widodo, berupa peraturan presiden No. 82 Tahun 2021 tentang pendanaan penyelenggaraan pesantren. “Peraturan ini secara khusus mengatur tentang dana abadi pesantren yang dialokasikan dalam upaya peningkatan Kualitas SDM pendidikan pesantren”, jelasnya.

Rahma berharap dengan momentum ini dapat menumbuh kembangkan rasa patroitisme dikalangan generasi bangsa Indonesia dan selalu meneladani semangat cinta tanah air dari para pejuang bangsa dan negara dimana para santri juga ikut andil dalam perjuangan tersebut. “diharapakan dengan pendidikan agama yang telah diajarkan, para santri mampu menjadi daya gerak dalam mewujudkan generasi muslim yang sehat tidak hanya fisik melainkan mental. mari wujudkan Kota Tanjungpinang yang religius dan berbudaya,” ungkap Rahma.

Rahma juga memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Kementrian Agama Kota Tanjungpinang, keluarga besar NU, PBNU, Fatayat, Banser, muslimah dan seluruh pondok pesantren. “Karena dengan semangat bersama telah memberikan andil dan membentuk generasi muda Kota Tanjungpinang. Melalui lembaga pendidikan yang telah dibentuk dan dikelola selama ini, terus mensuport dan bersinergi bersma Pemerintah kota Tanjungpinang dalam menjalankan roda pemerintahan di kota Tanjungpinang”, tutup Rahma.

Dalam rangkaian acara peringatan hari santri nasional 2021, Pemerintah kota Tanjungpinang memberikan bantuan 1 unit mobil operasional yang di serahkan kepada Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) kota Tanjungpinang. Selain itu juga, melalui zakat profesi ASN Pemko Tanjungpinang, diserahkan 28 unit mesin jahit yang di serahkan kepada 14 perwakilan panti asuhan yang ada kota Tanjungpinang, serta 50 paket sembako di berikan kepada yang berhak menerima sesuai asnafnya.

Kegiatan di tutup dengan melaksanakan penen kacang tanah bersama, yang dikelola oleh para santri pondok pasantren Al-Kautsar.

Dalam acara turut dihadiri, Ketua PCNU kota Tanjungpinang, Dr. H. Juramadi Esram MT, MH, Ketua PBNU, KH. Abdul Mannan Ghani, Kapolres Tanjungpinang AKBP Fernando, SH, S.I.K, Komandan Kodim (Dandim) 0315/ Bintan Kolonel Inf I Gusti Ketut Artasuyasa, Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Tanjungpinang, Wan Rafiwar, Kadis Pertanian Pangan dan Perikanan, Yoni Fadri, ST, Camat Tanjungpinang Timur, Doddy, SE, Kepala Bagian Umum, Muhammad Yatim, S.Sos, MT, Kepala Bagian Prokompim, Boby Wira Satria, SSTP, M.Si, Kepala bagian Kesra, Riawati, S.Sos, MM, Pimpinan Pondok Pesantren Modern Al-Kautsar, Kyai M. Supeno, Guru-guru, Ustadz/ustadzah, serta undangan yang hadir. (Prokopim)



GALLERY KEGIATAN

DOKUMENTASI GAMBAR BELUM TERSEDIA

Gallery TerbaruGALLERY LAINNYA

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)

PPID atau Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi adalah Pejabat yang bertugas dan bertanggungjawab untuk melakukan pengelolaan dan pelayanan informasi publik, meliputi proses pengumpulan, penyediaan, pengklasifikasian, penyimpanan, pendokumentasian, dan pelayanan informasi beserta Dokumentasi seluruh Organisasi Perangkat Daerah yang terdapat pada suatu Pemerintah Daerah dengan ketentuan yang berlaku.

SELENGKAPNYA

Rencana Aksi Daerah Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi (PPK) Kota Tanjungpinang

Dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi sebagaimana diamanatkan melalui Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2012 tentang Stranas PPK Jangka Panjang 2012-2025, pemerintah daerah wajib menyusun rencana Aksi Pencegahan dan pemberantasan korupsi yang diimplementasikan dan dimonitori setiap tahun. Sesuai Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Tahun 2016 dan Tahun 2017, memerintahkan kepada seluruh Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah agar melaksanakan Aksi PPK. Kemudian ditindaklanjuti oleh Menteri Dalam Negeri dengan menerbitkan Surat Edaran Nomor 356/4429/SJ tanggal 21 November 2016 tentang Pedoman Pelaksanaan Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Pemerintah Daerah Tahun 2016 dan Tahun 2017. Oleh karena itu peran Inspektorat selaku verifikator dan Bapelitbang selaku pemegang username sangat penting guna mencapai peringkat lebih baik di Triwulan berikutnya.

SELENGKAPNYA