Dinsos Gelar Rakor Pelaksanaan Baksos Khitanan Massal BERITA LAINNYA
Dinsos Gelar Rakor Pelaksanaan Baksos Khitanan Massal

Diskominfo, Kota Tanjungpinang - Dalam rangka peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tahun 2021, yang diperingati tanggal 20 Desember setiap tahunnya, serta untuk meningkatkan solidaritas dan kesetiakawanan sosial, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tanjungpinang  mengadakan rapat koordinasi pelaksanaan bakti sosial (baksos) khitanan massal di Dinsos Tanjungpinang (4/1).

Rakor dipimpin oleh Kadis Sosial, Achmad Nur Fatah dan dihadiri Puskesmas Batu 10 (M. Algifary dan Renaldi Ardiansyah), Tim Relawan Tanjungpinang (Hendri-Ko), Tim Relawan Batam - Bintan (Indra, Zulpizal), Kabid dan Kasi di lingkungan Dinsos.

Menurut Fatah, baksos khitanan massal akan dilaksanakan Sabtu, 8 Januari 2022 dan merupakan kerjasama antara beberapa pihak, seperti Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes Dalduk KB), Tim Relawan Tanjungpinang dan Tim Relawan Batam - Bintan.

"Baksos ini merupakan bentuk keprihatinan Dinsos terhadap masih banyaknya anak jalanan yang sudah menginjak remaja dan belum dikhitan, dan target peserta yang akan dikhitan antara 50 - 60 orang", imbuh Fatah.

Ada beberapa tim medis yang disiapkan yaitu tenaga operator, asisten operator, tenaga administrasi, tenaga apotik, tenaga penghubung, tenaga sterilisasi dan tenaga pemantau paska tindakan.
"Jumlah tim tersebut disesuaikan dengan jumlah peserta yang dikhitan, dan melibatkan beberapa Puskesmas dalam penyiapan tenaga operator", sambung M. Algifary dari Puskesmas Batu 10.

"Khusus bagi peserta yang dikhitan, tim relawan telah menyiapkan bingkisan berupa susu, buku dan kain sarung dan dipersiapkan sejumlah 60 bingkisan", ucap Hendri-Ko dari Tim Relawan Tanjungpinang.

Sedangkan Tim Relawan Batam - Bintan, Indra dan Zulpizal menambahkan, telah menyiapkan tenaga paramedis, uang saku peserta, dan dana operasional kegiatan, bila sewaktu-waktu dibutuhkan.

"Kita berharap agar kegiatan baksos khitanan massal yang melibatkan berbagai tim relawan, Dinkes Dalduk KB dan Puskesmas Batu 10 dapat berjalan lancar dan diridhoi Allah SWT", tutup Fatah. (Dinas Sosial)



GALLERY KEGIATAN

DOKUMENTASI GAMBAR BELUM TERSEDIA

Gallery TerbaruGALLERY LAINNYA

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)

PPID atau Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi adalah Pejabat yang bertugas dan bertanggungjawab untuk melakukan pengelolaan dan pelayanan informasi publik, meliputi proses pengumpulan, penyediaan, pengklasifikasian, penyimpanan, pendokumentasian, dan pelayanan informasi beserta Dokumentasi seluruh Organisasi Perangkat Daerah yang terdapat pada suatu Pemerintah Daerah dengan ketentuan yang berlaku.

SELENGKAPNYA

Rencana Aksi Daerah Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi (PPK) Kota Tanjungpinang

Dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi sebagaimana diamanatkan melalui Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2012 tentang Stranas PPK Jangka Panjang 2012-2025, pemerintah daerah wajib menyusun rencana Aksi Pencegahan dan pemberantasan korupsi yang diimplementasikan dan dimonitori setiap tahun. Sesuai Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Tahun 2016 dan Tahun 2017, memerintahkan kepada seluruh Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah agar melaksanakan Aksi PPK. Kemudian ditindaklanjuti oleh Menteri Dalam Negeri dengan menerbitkan Surat Edaran Nomor 356/4429/SJ tanggal 21 November 2016 tentang Pedoman Pelaksanaan Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Pemerintah Daerah Tahun 2016 dan Tahun 2017. Oleh karena itu peran Inspektorat selaku verifikator dan Bapelitbang selaku pemegang username sangat penting guna mencapai peringkat lebih baik di Triwulan berikutnya.

SELENGKAPNYA