Aplikasi Tanjak Sajikan Informasi Kota TajungpinangBERITA LAINNYA
Aplikasi Tanjak Sajikan Informasi Kota Tajungpinang

Dinas Kominfo, Kota Tanjungpinang - Pemerintah Kota Tanjungpinang luncurkan Aplikasi Tanjak "Tanjungpinang Aktual" sebagai media informasi terintegrasi berbasis aplikasi pada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup pemko Tanjungpinang.

Aplikasi Tanjak resmi diluncurkan Wali Kota Tanjungpinang, Rahma, disaksikan Gubernur Kepri, Isdianto, Sekda Provinsi Kepri, dan pejabat pemprov Kepri dan pemko Tanjungpinang, di Gedung Daerah Provinsi Kepri. 

Aplikasi Tanjak tidak saja memuat segala informasi yang ada di Tanjungpinang, tetapi juga menyediakan layanan pengaduan untuk masyarakat.

Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang Teguh Ahmad Syafari menjelaskan aplikasi Tanjak merupakan aplikasi berbasis android yang mengintegrasikan semua aplikasi yang ada di OPD pemko Tanjungpinang.

"Aplikasi bisa digunakan sebagai wadah pengaduan masyarakat terkait permasalahan yang ada di Tanjungpinang," kata Teguh, Senin (21/9/2020).

Dijelaskan Teguh, aplikasi Tanjak bisa memberi informasi kepada masyarakat, Tanjak menyajikan transparansi data dari semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD), seperti harga kebutuhan pokok, pengaduan tentang pelanggaran buang sampah sembarangan.

"Kita ajak agar masyarakat dapat menggunakan aplikasi ini untuk mencari informasi," ujarnya.

Saat ini terdapat beberapa yang sudah terintegrasi diantaranya informasi layanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tanjungpinang, Dinas Pendidikan, Kesehatan, data kependudukan, dan pelayanan yang biasa dibutuhkan masyarakat termasuk Informasi perkembangan covid-19 di Tanjungpinang.

"Data perkembangan covid-19 akan kita update setiap hari di aplikasi Tanjak," ucap Teguh.

Saat ini, aplikasi Tanjak baru berbasis android dan bisa di download di aplikasi playstore. Kedepan, untuk pengguna smartphone berbasis IOS sedang kita siapkan, InsyAllah dalam jangka waktu tiga bulan ke depan akan selesai.

"Ingin tahu tentang Tanjungpinang maka buka Aplikasi Tanjak dan download aplikasinya di playstore," ucapnya.

Peluncuran aplikasi itu juga dalam rangka mendukung kota Tanjungpinang menuju smart city," tutup Teguh. (MC Dinas Kominfo) 



GALLERY KEGIATAN

DOKUMENTASI GAMBAR BELUM TERSEDIA

Gallery TerbaruGALLERY LAINNYA

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)

PPID atau Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi adalah Pejabat yang bertugas dan bertanggungjawab untuk melakukan pengelolaan dan pelayanan informasi publik, meliputi proses pengumpulan, penyediaan, pengklasifikasian, penyimpanan, pendokumentasian, dan pelayanan informasi beserta Dokumentasi seluruh Organisasi Perangkat Daerah yang terdapat pada suatu Pemerintah Daerah dengan ketentuan yang berlaku.

SELENGKAPNYA

Rencana Aksi Daerah Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi (PPK) Kota Tanjungpinang

Dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi sebagaimana diamanatkan melalui Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2012 tentang Stranas PPK Jangka Panjang 2012-2025, pemerintah daerah wajib menyusun rencana Aksi Pencegahan dan pemberantasan korupsi yang diimplementasikan dan dimonitori setiap tahun. Sesuai Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Tahun 2016 dan Tahun 2017, memerintahkan kepada seluruh Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah agar melaksanakan Aksi PPK. Kemudian ditindaklanjuti oleh Menteri Dalam Negeri dengan menerbitkan Surat Edaran Nomor 356/4429/SJ tanggal 21 November 2016 tentang Pedoman Pelaksanaan Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Pemerintah Daerah Tahun 2016 dan Tahun 2017. Oleh karena itu peran Inspektorat selaku verifikator dan Bapelitbang selaku pemegang username sangat penting guna mencapai peringkat lebih baik di Triwulan berikutnya.

SELENGKAPNYA