Aksi Goro ASN Pemko Tanjungpinang Warnai Penyambutan Hari Jadi Ke-20 Kota Otonom BERITA LAINNYA
Aksi Goro ASN Pemko Tanjungpinang Warnai Penyambutan Hari Jadi Ke-20 Kota Otonom

Kota Tanjungpinang - Sebagai rangkaian penyambutan Hari Jadi ke-20 Kota Otonom Tanjungpinang, Pemerintah Kota (pemko) Tanjungpinang mengadakan gotong royong (goro) di 18 titik di wilayah kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Minggu (10/10/2021).

Sejak pagi, tampak pegawai pemko membersihkan badan jalan, parit, dan memungut sampah yang kemudian dimasukkan ke dalam karung/plastik sampah. Sampah-sampah itu kemudian diangkut menggunakan mobil truk sampah dinas kebersihan. 

Tak hanya pegawai pemko, Wali Kota Tanjungpinang, Rahma, Wakil Wali Kota, Endang Abdullah, para asisten, staf ahli, dan kepala OPD juga ikut gotong royong di sejumlah lokasi.

Diantaranya, Jalan Matador, Soekarno Hatta, Brigjen Katamso, Anggrek Merah, Kuantan, hingga Taman Batu X. 

Gotong royong serentak juga diikuti semua RT se- kota Tanjungpinang diwilayahnya masing-masing. 

Gelaran gotong royong ini, selain dalam rangka menyambut hari jadi ke-20 kota otonom Tanjungpinang, juga untuk menciptakan kota Tanjungpinang bersih dan sehat.

"Kebersihan lingkungan itu tanggung jawab kita bersama, bukan hanya petugas kebersihan. Karenanya, menjaga kebersihan dan merawatnya perlu kebersamaan," ucap Wali Kota Rahma. 

Sebelumnya, Wali Kota Rahma telah mengeluarkan surat edaran nomor 003.3/1260/1.1.01/2021 tentang peringatan hari jadi ke-20 kota otonom Tanjungpinang 2021.

Disebutkan dalam surat edaran itu, Wali Kota Rahma mengimbau agar setiap perkantoran instansi pemerintah, swasta, hotel, perbankan, swalayan, dan toko dapat memasang baliho, spanduk, dan umbul-umbul.

Pemasangan tersebut, merujuk sesuai logo dan tema hari jadi ke-20 kota otonom Tanjungpinang yaitu Tanjungpinang yang Harmonis, Aman, Ramah, Unggul, dan Madani (Harum).

"Pemasangan dilakukan serentak, sejak 1-31 Oktober 2021. Logo dan desain spanduk dapat diunduh di https://bit.ly/2Zqxz61,” sebut SE tersebut.

Selain itu, diminta seluruh ASN dan honorer pemko Tanjungpinang, instansi vertikal, lembaga pemerintah dan swasta berpakaian baju kurung melayu lengkap pada hari kerja, mulai 11 hingga 15 Oktober 2021.

Sebagai informasi, rangkaian kegiatan hari jadi ke-20 kota otonom Tanjungpinang akan dilanjutkan dengan pembagian nasi kotak yang akan dilaksanakan pada Jumat (15/10) mendatang. (Dinas Kominfo)



GALLERY KEGIATAN

DOKUMENTASI GAMBAR BELUM TERSEDIA

Gallery TerbaruGALLERY LAINNYA

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)

PPID atau Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi adalah Pejabat yang bertugas dan bertanggungjawab untuk melakukan pengelolaan dan pelayanan informasi publik, meliputi proses pengumpulan, penyediaan, pengklasifikasian, penyimpanan, pendokumentasian, dan pelayanan informasi beserta Dokumentasi seluruh Organisasi Perangkat Daerah yang terdapat pada suatu Pemerintah Daerah dengan ketentuan yang berlaku.

SELENGKAPNYA

Rencana Aksi Daerah Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi (PPK) Kota Tanjungpinang

Dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi sebagaimana diamanatkan melalui Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2012 tentang Stranas PPK Jangka Panjang 2012-2025, pemerintah daerah wajib menyusun rencana Aksi Pencegahan dan pemberantasan korupsi yang diimplementasikan dan dimonitori setiap tahun. Sesuai Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Tahun 2016 dan Tahun 2017, memerintahkan kepada seluruh Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah agar melaksanakan Aksi PPK. Kemudian ditindaklanjuti oleh Menteri Dalam Negeri dengan menerbitkan Surat Edaran Nomor 356/4429/SJ tanggal 21 November 2016 tentang Pedoman Pelaksanaan Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Pemerintah Daerah Tahun 2016 dan Tahun 2017. Oleh karena itu peran Inspektorat selaku verifikator dan Bapelitbang selaku pemegang username sangat penting guna mencapai peringkat lebih baik di Triwulan berikutnya.

SELENGKAPNYA