Dinas Kominfo Tanjungpinang - Memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni, Pemerintah Kota Tanjungpinang menggelar upacara bendera, di halaman Kantor Wali Kota Tanjungpinang, Senggarang, Senin 04 Juni 2018.

Pada momentum hari Lahir Ideologi dan Dasar Negara ini. Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Tanjungpinang mendapat kehormatan untuk tampil sebagai petugas upacara, mulai dari komandan upacara, pengibar bendera, pembawa acara, pembacaan teks UUD 1945, hingga komandan kompi.

Upacara yang dipimpin Penjabat Wali Kota Tanjungpinang, Drs. H. Raja Ariza, MM selaku inspektur upacara (Irup) berlangsung khidmat, diikuti sejumlah pejabat eselon 2,3,4, para ASN, PTT dan Honorer di lingkup Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Penjabat Wali Kota, Raja Ariza membacakan pidato Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo yang mengingatkan bahwa selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber- Bhinneka Tunggal Ika, InsyAllah sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di nadi seluruh rakyat Indonesia. 

" Sungguh Pancasila adalah berkah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita, melalui pemikiran para founding father Indonesia. Pancasila sebagai pemersatu perbedaan yang berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi pondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur ", ucap beliau.

Semangat Pancasila harus selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita, terutama dalam tugas dan tanggungjawab kita. Sebagai bangsa yang majemuk, yang terdiri atas 714 suku dan lebih dari 1.100 bahasa lokal, yang hidup di lebih dari 17.000 pulau. Semangat persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

" Kita harus bersatu untuk memperkokoh semangat Bhinneka Tunggal Ika, kita harus menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar, dan bangsa pemimpin ", tutur Penjabat Wali Kota. 

Dikatakannya, peringatan hari lahir Pancasila harus jadi momentum untuk mengingat dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Karena itu, ia mengajak seluruh pihak untuk sama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian. 

" Jadikan momen lahirnya Pancasila sebagai pemacu dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila untuk memajukan bangsa sekaligus menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia. Mari sama-sama teguhkan semangat kita untuk bersatu, berbagi, dan berprestasi ", tutup dia.*